Cara Membuat Bunga Dahlia Dari Kertas Yang Mudah

Kreasi Bunga Hias Dari Kertas Sebagai Hiasan Rumah

Sedang mencari kumpulan bunga dari kertas karton? Kali ini Saya akan berbagai tutorial cara membuat bunga dahlia dari kertas yang mudah sebagai kreasi bunga hias untuk kerajinan anak tk.

Untuk membuat bunga hias dari kertas sebenarnya sangatlah sederhana. Karena Anda hanya membutuhkan bahan bekas seperti kertas.

Selain mudah, bunga dari bahan daur ulang ini pun bisa dijadikan sebagai hiasan rumah agar terkesan lebih indah dan asrih.

ide kreatif bunga hias ini pun dapat mengurangi penggunaan limbah kertas yang semain hari bertamabah.

Nah salah satu cara paling efektif dalam mendaur ulang bahan bekas ini yaitu dengan membuat kertas menjadi bunga dahlia yang unik dan menarik.

Terlepas dari itu semua, daur ulang bunga hias ini juga sering dicari oleh para pencinta kerajinan tangan sebagai hiasan rumah.

Hal inilah yang membuat bunga hias dari kertas sangat mahal. Namun tenang saja, karena Anda bisa membuat sendiri bunga daur ulang dari kertas dirumah.

Kerajinan bunga untuk anak tk ini juga sering dijadikan sebagai pameran dalam acara karnaval sekolah dengan tema daur ulang bunga hias.

Lalu bagaimana cara membuat bunga hias dari kertas? Dan teknik apa yang digunakan dalam membuat bunga dahlia dari kertas? Berikut turotialnya.

Cara Membuat Bunga Dahlia Dari Kertas Yang Mudah


Kreasi bunga hias yang paling mudah dibuat yaitu bunga dahlia dari kertas. Hiasan ini sangatlah sederhana, karena Anda hanya membutuhkan kertas bekas sebagai bahan utama dalam membuat bunga kertas.

Bunga kertas sederhana ini juga sangat cantik jika dijadikan sebagai hiasan untuk rumah. Kreasi bunga hias dari bahan bekas juga biasanya dijadikan kerajinan anak tk yang unik dan menarik.

Gunakan Kertas Karton Untuk Membuat Pola Bunga


Sebelum mendaur ulang bunga hias, ada beberapah hal yang harus dipersiapkan salah satunya yaitu kertas karton.

Dalam membuat kreasi bunga dahlia, Anda pun harus mempersiapkan alat sebagai perlengkapan pada saat proses membuat daur ulang bunga hias.

  • Kertas karton
  • Lem kertas atau lem tembak
  • Gunting
  • Pensil warna

Nah jika Anda tidak memiliki kertas karton, Anda bisa memilih kertas warna sebagai bahan utama membuat bunga dahlia.

Hal ini juga akan mempersingkat proses membuat bunga dari daur ulang bahan bekas. Karena dengan kertas warna Anda tidak perlu mewarnai kertas.

Membuat Pola Bunga Dahlia Dengan Menggunting Kertas


Jika semua bahan sudah dipersiapkan, Anda bisa mulai menggunting kertas karton dengan membentuk pola bunga dahlia.

Bunga Dari Bahan Daur Ulang Kertas Yang Unik Dan Menarik

Perhatikan gambar diatas!!!
Siapkan kertas karton atau kertas origami minimal 4 buah, lalu lipat menjadi dua bagian dan guntinglah membentuk pola lingkaran.

Kemudian lipatlah pola lingkaran tadi menjadi setengah lingkaran, dan lipat kembali menjadi pola seperempat lingkaran lihat gambar diatas.

Selanjutnya Anda bisa menggunting pola seperempat lingkaran menjadi pola hati yang menyerupai bunga dahlia.

Lalu setelah semua digunting, Anda bisa membuka lipatan tersebut. Nah lalu rekatkan menggunakan lem pada pola bunga dahlia dari yang satu dengan yang lain.

Daur Ulang Bunga Hias Sebagai Kerajinan Bunga Untuk Anak Tk

Gunakan kawat sebagai batang bunga dahlia, Anda bisa memberi mahkota menggunakan kertas dengan cara melipat kertas hingga membentuk lingkaran lalu tempelkan pada bagian atas bunga dahlia seperti pada contoh gambar diatas.

Jika semua sudah terpasang rapih, Anda bisa memberi vas bunga menggunakan botol bekas atau bahan bekas lainnya.

Dan dibawah ini merupakan hasil akhri dari kreasi bunga hias, bunga dahlia dari kertas origami.

Ide Kreatif Bunga Hias Dari Kertas Yang Mudah Dari Bahan Bekas

Itulah beberapa tips dalam membuat daur ulang bunga hias. Ide kreatif bunga hias ini juga dapat dijadikan kerajinan bunga untuk anak tk.

Anda bisa menemukan kumpulan bunga dari kertas karton lainnya dengan sangat mudah. Sekian dari Saya mengenai tutorial cara membuat bunga dahlia dari kertas yang mudah.